Jumat, 29 Agustus 2008

Marketing To Woman

Saat Menjadi Master of Ceremony seminar Marketing to Woman yg diselenggarakan Asosiasi Management Indonesia (AMA) Lampung tepat dihari ulang tahun saya 5 Maret tempohari dan sebagai Key Speaker Nya adalah Dr Renald Kasali, Akademisi yang saat ini sudah menjadi celebrity karena membintangi beberapa Iklan Produk seperti Tolak Angin"Orang pintar Minum Tolak Angin".
Tema yg disuguhkan memang sangat menarik sehingga pesertapun lumayan padat, rata-rata enterpreneur muda,sales dan marketer perusahaan di Lampung yang kepingin mendengar teori serta trik dalam mengejar target pasar yg bakalan disampaikan oleh Master Marketing Indonesia dalam meningkatkan pejualan.

Bicara Marketing tak lepas dari kekuatan Emosi konsumen terhadap suatu prodak yg ditawarkan, hampir diseluruh Mall atawv tempat-tempat pembelajaan hampir rata-rata pengunjung terbesarnya adalah Wanita, dan wanita merupakan pembeli yg produktive. Wanita akan terpengaruh dalam membeli suatu Produk hanya karena tertera label Diskon yg besar ataw berhadiah, walaupun barang yang ditawarkan kurang berguna bagi dirinya, sementara lelaki akan membeli suatu barang berapapun harganya jikalau sedang membutuhkan.
Perbedaan emosional dalam membeli suatu prodak lelaki dan wanita memang sangat kentara.
Marketing to Women memberikan arah penjualan untuk lebih fokus kesegmen yang dianggap paling besar dalam memutuskan transaksi dan wanita merupakan mahluk yg paling dianggap Konsumtif sehingga strategi marketing pun dikupas dengan membedah psikologis wanita.
Lihat saja bererapa Advertising atau iklan yg ada disekitar kita sekarang banyak menampilkan suasana feminim seperti keadaan yg bersih,rapih,harum serta berbunga untuk mengambarkan kesan yg sangat ideal demi memenuhi kebutuhan wanita.

sebagai catatan kaki yg dapat dipetik:

Wanita merupakan Influence atau orang yg paling mempengarui bahkan bisa jadi penentu dalam membeli suatu prodak, makanya kalo mau jualan dekatilah ibunya atau anak perempuannya.
Karena sebagian besar gaji suami akan dihabiskan oleh sang istri,....


ujung agustus 2008
cuma nostalgia...
yg lagi menikmati target

Kekuatan Merk Dagang

Pernah dengarkan Aqua, ya itu memang minuman. Sosro juga cuma minuman Teh,Kick Andy hanya talk Show biasa pada program stasiun televisi.
Gak ada yang aneh dengan Merek Dangang tersebut, namun kenapa ketika menyebut aqua kita berfikir fresh water paling higiene, sosro minuman pendamping makanan apa saja, lalu bicara tentang Kick Andy orang akan mengatakan Metro Tv.
Brand Product memang harus dibentuk dengan segala upaya sehingga akan menempel di imaje setiap orang sehingga loyalitas pelanggan meningkat, lalu apa yg mesti diperbuat dengan Merek Dagang karena jarang sekali orang yg memikirkan PT Golden Missipi yg merupakan pabrik minuman aqua, de el el.
Langkah menanamkan Citra yang Baik bagi konsumen terhadap suatu Prodak memang harus dibayar mahal semisal Speedy, keinginan bagaimana telkom membentuk imej agar setiap orang yg membicarakan akses internetmurah super cepat selalu mengarah ke speedy.
Ini membutuhkan kerja keras seluruh bagian yang menangani produk tersebut karena produk sejenis juga ditawarkan oleh kompetitor lain, sehingga mulai dari Expose Produk dimedia elektronik mupun Media cetak dalam menampilkan keunggulan dibanding dengan prodak sejenis, Call center yang mudah dihubungi secara realtime ketika ada kendala serta penanganan komplain pelanggan direspon dgn cepat dan sikap sympatik saat menangani gangguan akan menciptakan Ruh tersendiri bagi Speedy yang nantinya akan tertanam pada mainbrain pelanggan.
Beberapa hal yang perlu dicermati dalam mengupayakan citra baik adalah membangun komunitas yg me-label produk menjadi trend kebutuhan masakini , sehingga "Kalau Gak peke Speedy" jadi ketingalan jaman.

yah, simple-simple dah.


ujung Agustus08.
Penulis gak pernah sekolah marketing
Cuma dulunya sering jadi moderator saat mengadakan event talkshow

Berbagi Nikmat



Marhaban ya ramadhan, ungkapan yg muncul ketika nikmat nyawa masih bertemu bulan yang penuh mafiroh, bulan yang memberikan kompensasi luar biasa bagi segala aktivitas positif.
Sebagai analogi saat ini dengan nikmat yg sudah diberikan, rasanya syukur seperti apalagi yang mampu manandingi nikmat tak terbatas.
Telkom Comunity Development Centre (CDC)Telkom lampung dipimpim KA Rahman dan team menggagas kegiatan berbagi sembako disaat memasuki bulan ramadhan sebagai ujud kepedulian terhadap masyarakat yg saat ini nampak belum beruntung.
Sebanyak 500 Paket sembako yang dikemas akan dibagikan kepada saudara-saudara yg tinggal dipondok pesantren, panti asuhan, diutamakan daerah Vandalisme yg selama ini kurang peduli dengan keamanan alat produksi milik telkom, cleaning service dan tempat Ibadah.
Kegiatan yang direncanakan 29-8-2008 usai sholat jumat di masjid Negeri Sakti langkapura lampung langsung dipimpin General Manager Telkom Lampung Teguh Irwandi,Manager CDC KA Rahman,BAZIS Telkom Lampung WIBOWO S beserta team dan yg akan menghadiri diacara tersbut diharapkan muspida setempat Camat dan Lurah Negeri Sakti serta tokoh Masyarakat.

Sebuah Diesel pembangkit listrik, Kipas angin dan Ambal sajadah dipersiapkan untuk diberikan di Masjid Negeri Sakti usai sholat Jumat bersama.
Kepedulian sosial wujud dari rasa syukur terhadap rezki yg sudah dilimpahkan akan memberikan rasa kebersamaan dan cinta sesama pada akhirnya menimbulkan umpan balik positif masyarakat sekitar terhadap karyawan dan perusahaan.

---- cinta, memang dalam magnanya..
secara extreme dia harus menerima baik dan buruk..

by.Mas keliq